Selasa, 02 Januari 2018

CSKH Day #15 - Lupa


Suatu hari saya meninggalkan dompet persis di atas lemari buku yang sebenarnya sudah saya ingat-ingat akan membawanya ketika hendak berangkat ke kantor. Tetapi, rupanya reminder kali ini gagal, sehingga saya mendapati diri saya ke kantor dengan tanpa membawa dompet beserta isinya.

Duit yang ada di dompet tidaklah seberapa, hanya 2 lembar duapuluh ribuan serta 2 lembar lima ribuan. Yang bikin keki adalah surat-suratnya yang jika kita tidak membawanya, saat melewati bapak-bapak berkumis dan berseragam cokelat muncul desiran-desiran halus di dada serta detak jantung yang tidak seirama lagi.

Lupa bawa dompet pagi ini juga membuat saya menyadari suatu hal yang penting, yang menjadi dasar saya tersenyum meskipun kecut dan kemudian tiba-tiba merasa rindu dengan-Nya.

Lupa adalah salah satu kelemahan terbesar yang sengaja Allah SWT titipkan kepada yang namanya manusia. Salah dan lupa. Pasangan sejati untuk manusia. Kesadaran bahwa kita pada dasarnya pelupa dan tukang buat salah adalah pertanda kasih sayang-Nya kepada kita. Betapa tidak, dengan 2 kelemahan besar ini, manusia menjadi pemaklum sekaligus pemalu karena ke alpaan ataupun ke-lupa-annya akan sesuatu.

Maka, meminta ampun kepada-Nya dengan istighfar minimal 100 perhari, begitu kata pak Kyai saya adalah keniscayaan yang memang sudah seharusnya dilakukan oleh para makhluk pelupa seperti kita ini. Menyadari diri ini pelupa dan tukang buat salah adalah salah satu tanda manisnya iman yang tidak semua orang rasakan. Dengan menjadi tahu dan sadar bahwa kita adalah makhluk pelupa dan salah membuat kita terhindarkan dari sifat sombong dan angkuh yang kadang-kadang njembul  (baca: muncul) dalam diri kita.

Siapa sihh kita ini? Udah pelupa, sering bikin salah, lemah, gak modal**, dan lain-lain.

Lupa kali ini membuat saya sadar betapa lemah dan tidak berdayanya yang namanya "manusia". Anda bisa bayangkan jika Allah SWT tiba-tiba mencabut ingatan anda tentang jalan pulang. Pas sudah waktunya pulang, anda kebingungan mau pulang kemana. Ah, meskipun mungkin kejadian tersebut bisa juaarang sekali terjadi, tetapi coba tanyakan pada diri anda, berapa kali anda melupakan sesuatu dalam 1 hari saja? eh atau dalam 1 jam kedepan ini. Ada saja hal yang terlupakan, entah yang besar ataupun yang kecil.

Ya, mungkin karena saya juga lupa jika punya blog ini sehingga baru ingat dan memutuskan untuk menulis sesuatu untuk edisi CSKH. Sebentar, eh, kopi saya jadi terlupakan semenjak jari-jari menari di atas keyboard ini.

Bagaimana dengan anda kawan?

Bagikan

Jangan lewatkan

CSKH Day #15 - Lupa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tulis email Anda untuk berlangganan artikel TERBARU dan MENARIK.

Tinggalkan komentar Anda disini! Komentar berbau2 iklan atau terang2 iklan akan saya bantu promosikan tapi bukan disini :D